Cara Merawat Perhiasan Emas 18 Karat Agar Tetap Kinclong

Emas 18 karat? Rasanya ingin melayang ketika mendengarnya. Salah satu kebanggaan tersendiri bagi pecinta perhiasan ketika memiliki emas dengan kadar tersebut. Dimana jenis yang sering terlihat dapat berupa kalung, gelang, dan juga cincin.

Memiliki perhiasan emas memang termasuk kebanggan yang tersendiri. Namun coba perhatikan, perhiasan emas yang anda kenakan lama kelamaan akan terlihat kurang menarik, bahkan terlihat kusam.

Hal ini tentunya penting bagi anda untuk memperhatikan perawatannya. Emas yang kusam juga akan kembalai berkilau jika anda merawatnya dengan baik. Kini anda tidak perlu repot repot untuk membawa perhiasan anda pada toko perhiasan untuk sekedar mencucikannya. Namun anda dapat membersihkannya sendiri di rumah dengan peralatan yang sederhana. Untuk itu, simak beberapa cara mudah merawat perhiasan emas 18 karat berikut ini.

Cara merawat perhiasan emas 18 karat agar tetap kinclong

Gunakan cairan pembersih

Membersihkan perhiasan emas yang pertama yaitu menggunakan cairan pembersih. Anda dapat menggunakan cairan pembersih berupa detergen atau sabun cuci piring.
Cara menggunakannya pun mudah, cukup dengan membuat larutan air sabun cuci piring. Kemudian merendam perhiasan anda selama kurang lebih 5 menis. Gunakan sikat lembut untuk membersihkannya secara perlahan. Jika dirasa sudah bersih, sebaiknya langsung bilas dan keringkan.

Hindari Penggunaan Air Mendidih

Membersihkan perhiasan emas 18 karat sebaiknya tidak menggunakan air mendidih. Air yang terlalu panas bahkan mendidih dapat merusak lapisan perhiasan emas yang anda miliki. Untuk itu sebaiknya gunakan air dengan suhu hangat kuku atau biasa saja. Asalkan anda merendamnya dengan waktu yang lumayan, maka nantinya akan mudah membersihkan kotoran yang ada pada perhiasan anda.

Lepas Perhiasan Saat Mandi

Menggunakan perhiasan saat mandi dapat membuat sabun mengendap pada bagian bagian perhiasan anda. Sehingga alangkah baiknya jika anda melepaskan perhiasan ketika mandi. Ini merupakan hal sepele namun akan bermanfaat untuk menjaga kebersihannya agar perhiasan anda tidak seberapa kotor terkena sabun.

Perlu anda ketahui bahwa sabun dan segala perlengkapan mandi lainnya yang mengandung bahan kimia dapat membuat emas memudar. Untuk itu sudah menjadi alasan yang menguatkan untuk anda melepas perhiasan ketika mandi. Bahkan lotion yang anda gunakan juga dapat beresiko mengendap di sela sela perhiasa.

Simpan dengan benar

Mungkin bagi yang suka menyimpan perhiasan alangkah baiknya jika disimpan dengan benar. Anda dapat menyimpan perhiasan sesuai dengan jenis yang anda miliki. Letakkan dengan tempat yang sesuai, usahakan agar tidak saling tumpuk. Hal ini agar tidak merusak kualitas dan juga bentuk dari perhiasan emas 18 karat yang anda miliki.

Gunakan Pada Momen Tertentu

Menggunakan emas alangkah baiknya jika pada waktu waktu tertentu saja. Perhiasan akan nampak awet dan bersinar jika digunakan pada momen tertentu seperti ketika kondangan dan juga acara khusus lainnya.

Aktivitas padat tentunya membuat emas anda semakin berisiko terhadap kerusakan. Perhiasan emas jika digunakan untuk aktivitas yang padat seperti bekerja di sawah ataupun aktivitas rumah tangga tentu berisiko cepat kotor bahkan rusak. Sehingga anda tentu berfikir ulang bukan ketika memutuskan untuk memakainya setiap hari.

Uraian mengenai cara merawat perhiasan emas 18 karat agar tetap kinclong di atas dapat anda praktekkan sendiri di rumah. Dengan begitu nantinya perhiasan anda akan tetap kinclong dan awet. Hanya berbekal dengan peralatan sederhana dan juga mudah dijumpai akan membuat anda semakin hemat.

Tinggalkan Balasan