Incip 5 Kuliner Favorit Presiden Jokowi, Travel Semarang Solo Siap Antar!

Travel Semarang Solo

Pakai Travel Semarang Solo, Cobain Kuliner Kesukaan Pak Jokowi yang Sudah Pasti Lezat

 

Jika rasa suatu kuliner biasanya “di-approved” oleh food blogger atau chef, ternyata banyak netizen Indonesia yang juga percaya dengan selera Presiden Republik Indonesia (RI), yaitu Pak Joko Widodo atau akrab dikenal dengan Pak Jokowi. Apalagi saat dirinya menjabat sebagai Wali Kota Surakarta pada kurun waktu tahun 2005 hingga 2012, banyak wisatawan yang menuju ke Surakarta atau Solo dan mengincar kuliner khas kesukaan Pak Jokowi. Dalam beberapa kesempatan, Pak Jokowi beserta keluarga tertangkap kamera sedang asyik saat mencicipi kuliner favorit tersebut. Tak heran, gaung hashtag #JKWKULINER sempat populer!

 

Buat Anda warga Semarang yang berencana untuk pergi ke Solo dalam waktu dekat, selalu perhatikan protokol kesehatan ya. Salah satunya, dengan memilih Travel Semarang Solo yang sudah terpercaya dan juga menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, seperti Cititrans. Selama pandemi virus Corona, pengemudi dan penumpang wajib memakai masker, melakukan physical distancing atau jaga jarak antar penumpang di dalam armada dari 8 kursi hanya diisi oleh 6 penumpang, dan memastikan batas suhu tubuh normal sesuai anjuran. Ruang tunggu pool dan armada juga dibersihkan dengan disinfektan dan sinar UV. Nah, sudah penasaran apa saja kulinernya? Yuk lihat selengkapnya di bawah ini.

 

Sate Kere Mbak Tugiyem

Dilansir pemberitaan dari kompas.com mereka menerangkan bahwa Presiden kita Jokowi beberapa kali datang ke Sate Kere Mbak Tugiyem dan dengan lahap menikmati sate yang disajikan dengan baik. Bahkan, beliau juga suka potongan babat yang tebal dan tetelan, lho! Sate kere sendiri ternyata sudah ada sejak zaman dulu. Kere berarti miskin yang biasanya digunakan masyarakat Jawa Tengah. Awal mula kemunculan sate ini, karena warga Solo yang mengalami keterbatasan ekonomi dalam membeli daging sapi. Nah maka dari itu, sate kere menggunakan bahan dari jeroan sapi atau tempe. Namun begitu, rasanya tak kalah lezat dari sate daging! Dilumuri bumbu kacang yang khas dan manis, sate ini bisa Anda dapatkan mulai dari pukul satu hingga empat siang saja.

 

Timlo Maestro

Buat makan malam, Pak Jokowi sering memilih Timlo Maestro yang terletak di Jalan KH Ahmad Dahlan, Keprabon, Solo. Melalui detik.com, pemilik warung makan, Yunanto Adhi Prasetyo mengungkapkan timlo sendiri merupakan sejenis sup ayam. Namun di Timlo Maestro sudah dimodifikasi dengan isian lengkap, seperti telur kecap, bebek kecap, sosis dari tepung terigu dan ampela ati ayam. Kuahnya pun berwarna bening dan terkesan ringan. Menurut Yunanto, menu kesukaan Pak Jokowi telur dan sosis. Wah, cocok disantap dengan nasi hangat yang dipadukan bawang goreng nih! Nah untuk harganya ini bergantung dari berbagai isian ataupun topping yang digunakan atau dipilih.

 

Ayam Goreng Mbah Karto yang Menjadi Khas di Solo

Ketika anda menjumpai Pak Jokowi di Solo saat menjabat dulu beliau bersama dengan keluarga tercintanya sering singgah dan menyantap ayam goring kampong khas Mbah Karto. Tak heran, para wisatawan yang datang menjadikan kuliner ini sebagai wajib coba. Ayam Goreng Mbah Karto memiliki rasa unik dan khas melalui bumbu spesial kaya rempah yang dimasak di atas api kayu bakar. Selain ayam yang gurih, lebih lezat lagi dengan paduan aneka sambal yang selalu jadi favorit, seperti sambal blondho yang disukai Pak Jokowi. Dari kompas.com, sambal blondho ini terbuat dari ampas minyak dari santan kental dicampur dengan sambal bawang. Sepiring sudah lengkap memakai nasi putih, urap, lalapan dan sambal.

 

Sate Kambing Bu Hj. Bejo

Siapa yang suka dengan sate kambing? Nah kalau traveling ke Solo, masukkan Sate Kambing Bu Hj. Bejo dalam itinerary yang jadi urutan pertama anda singgahi. Kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1970-an ini juga digemari Pak Jokowi. Dulunya, almarhum Bu Hj, Bejo bersama suaminya menjajakan dagangan dengan gerobak pikul. Di tahun 1999 mereka berpindah ke daerah sungai Sebakung, yang mana di jaman modern ini di kenal dengan Lojiwetan Sangkrah lokasi Pasar Kliwon. Tidak hanya sate kambing, Anda juga bisa mencicipi gule, tongseng, tengkleng hingga nasi goreng. masukkan Sate Kambing Bu Hj. Bejo buka dari jam tujuh pagi sampai empat sore setiap harinya.

 

Soto Gading

Pada tahun 2018 lalu, sebuah unggahan di Instagram resmi milik Pak Jokowi menandakan dirinya rindu akan kuliner kampung halamannya. Dilansir kompas.com, Pak Jokowi tengah berada di Soto Gading bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi dan keluarga intinya, termasuk cucu pertamanya, Jan Ethes. Soto Gading sendiri diketahui sudah menjadi langganan tetap sejak masih menjabat di Solo. Dalam seporsi soto ini, kaya akan kuah kaldu yang ringan dan berisikan soun, ayam suwir, bawang goreng dan daun seledri. Biar makin lengkap, Anda wajib santap Soto Gading bersama dengan aneka gorengan, sate dari jeroan ayam hingga sate daging sapi. Soto legendaris ini juga menjadi favorit Presiden RI lainnya, seperti Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono.

 

Sudah tak sabar mencicipi semua kuliner lezat di Solo? Yuk, langsung pesan tiket dan berangkat bersama Cititrans Travel Semarang Solo. Pembelian tiket bisa melalui website www.cititrans.co.id, aplikasi Cititrans yang bisa diunduh pada Apple Apps Store dan Google Play, atau langsung di counter. Dapatkan promo paket perjalanan hemat di Tokopedia Official Store, dengan rute Semarang – Solo hanya Rp 80.000 saja per satu kali trip. Paket berupa voucher langganan Shuttle Cititrans Travel Semarang/Solo/Yogyakarta seharga Rp 320.000, yang berlaku empat kali perjalanan selama satu bulan dan hanya dapat digunakan untuk pemesanan via website atau aplikasi Cititrans.

Tinggalkan Balasan