Manfaat Terong Bagi Ibu Hamil, Cegah Resiko Lahir Cacat

Kesehatan ibu hamil memang memerlukan perhatian khusus. Terlebih lagi karena makanan yang nantinya mempengaruhi tumbuh kembang anak yang ada pada perut anda. Sebenarnya nutrisi ibu hamil tidaklah perlu terlalu mahal, melainkan cukup dengan makanan dan minuman yang bernutrisi.

Salah satu nutrisi yang penting yaitu berasal dari sayuran. Kebutuhan vitamin, serat dan juga mineral rupanya paling banyak disumbang dari sayuran. Salah satu jenis sayuran yang amat baik untuk penyumbang nutrisi terbesar ibu hamil ialah terong.

Manfaat terong bagi ibu hamil memang sering diremehkan. Seakan akan sayuran ini tidak memiliki manfaat yang banyak, melainkan hanya membuat tidak bersemangat. Ibu hamil yang mengonsumsi terong sebagai sayur harian akan merasakan beberapa manfaat yang akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Di antara manfaat terong bagi ibu hamil dapat anda simak dalam uraian berikut ini.

Manfaat terong bagi ibu hamil

1. Membuat Janin Tumbuh Sempurna

Manfaat terong bagi ibu hamil yang pertama ialah dapat membuat janin tumbuh sempurna. Tingginya angka janin yang lahir cacat rupanya disebabkan oleh kurangnya konsumsi nutrisi yang berasal dari sayur dan buah.

Ibu hamil seringkali mengabaikan masalah ini, sehingga membuat janin yang ada di kandungan memiliki resiko terlahir cacat. Hal ini karena adanya vitamin yang lengkap dan juga kandungan zat besi, niacin, tembaga, serta mangan pada sayur terong.

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat terong bagi ibu hamil yang ke dua ialah mampu melancarkan sistem pencernaan. Beberapa masalah pencernaan seperti sembelit, diare, mag, dan beberapa penyakit pencernaan yang lainnya. Ibu hamil pada umumnya sering mengalami sembelit, akibat kurangnya konsumsi serat dan juga seringnya minum susu untuk ibu hamil.

Sehingga kandungan serat kurang dan membuat ibu hamil terkena sembelit. Terong sebagai sayuran yang cukup tinggi serat membuat ibu hamil menjadi lebih mudah dalam proses buang air besar, atau BAB.

3. Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat terong bagi ibu hamil selanjutnya ialah dapat meningkatkan imun tubuh. Sebagaimana sayur lainnya, terong apabila menjadi konsumsi harian mampu membuat imun tubuh anda menjadi maksimal dan meningkat lebih pesat.

Imun tubuh yang kuat tentunya akan menangkal kuman dan bakteri serta virus yang berusaha menyerang kekebalan tubuh anda. Sebagai ibu hamil yang membawa dua nyawa saat kemana mana tentu harus memahami betul dan juga menerapkan terong sebagai konsumsi sayur harian.

4. Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat terong bagi ibu hamil yang ke empat ialah dapat membuat tekanan darah dalam tubuh tetap stabil. Sehingga kondisi emosional ibu hamil juga tetap terjaga.

Ibu hamil sering kali uring uringan tanpa sebuah penyebab yang jelas. Hal sepele yang tidak pas saja juga mampu membuat ibu hamil menjadi emosi dan akhirnya mengganggu stabilnya tekanan darah.

Manfaat terong bagi ibu hamil memang positif, namun anda juga tetap wajib membatasi konsumsi terong. Konsumsi terong yang berlebih bagi ibu hamil dapat membuat janin dapat terlahir prematur, hal ini akibat kandungan terong yang memicu cepatnya persalinan.

Imbangi konsumsi sayur terong dengan sayuran lainnya, agar beberapa nutrisi yang tidak ada pada terong dapat terpenuhi. Jangan lupa juga untuk menambah konsumsi buah buahan sehingga tubuh dan janin anda terhindar dari resiko cacat saat lahir.

Tubuh yang sehat tentunya berasal dari apa yang anda konsumsi di masa lalu dan saat ini. Kurangi konsumsi zat yang mengandung pewarna, pengawet, dan juga perasa, sehingga tubuh anda tetap terlindung dan terhindar dari ancaman penyakit.

Tinggalkan Balasan