Tips Ampuh Dalam Melepaskan Fitting Pipa!

Tips Ampuh Dalam Melepaskan Fitting Pipa

Fitting pipa merupakan bagian penting dari sebuah instalasi pipa air baik untuk rumah tangga maupun industri. Nah dalam instalasi pemasangan air, antara pipa dan fittingnya tentu tidak bisa dipisahkan, bahkan membutuhkan tambahan satu lagi komponen yaitu lem pipa. Nah dalam prosesnya ada kalanya orang yang mengerti pipa atau tukang pipa melakukan pelepasan pipa PVC dan sambungannya.

Untuk alasan ini sendiri tentu terdiri dari beberapa faktor. Ketika pipa dan sambungannya sudah dipasang sedemikian mungkin, untuk pelepasannya tentu tidak mudah. Karena memang instalasi pipa dibuat dan disatukan dengan sambungannya agar bisa kuat dan juga tahan lama. Tetapi jika ingin melepaskan antara pipa dan sambungan pipa, ada metode yang bisa dilakukan. Tentu saja metode ini terbilang cukup mudah dengan trik-trik ajaib yang bisa dilakukan berikut ini.

Alat Untuk Pelepasan Fitting Pipa

Pertama sekali harus menyiapkan dulu alat yang bisa melepaskan antara pipa dan fitting pipa. Alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain berupa air panas, minyak kayu putih, oli rem dan juga kain lap. Beberapa alat dan bahan ini tentu saja sangat mudah ditemukan di setiap rumah pasti ada. Kemungkinan oli rem yang akan sulit ditemukan namun bisa dibeli di bengkel motor terdekat.

Proses Pelepasan Sambungan Fitting Pipa

Masuk ke tahap antara pelepasan pipa dan fitting pipa PVC. Meskipun tidak membutuhkan keahlian khusus, namun step by step dari langkah ini harus dicermati dengan saksama.

  • Langkah pertama, tentu saja Anda bisa menggunakan air rebusan dari air yang sudah mendidih sebelumnya. Pada air mendidih tersebut, sambungan pipa langsung direndam selama 5 menit. Alasannya tentu saja agar diameter pipa bisa menjadi lebih besar.
  • Sebisa mungkin Anda bisa menarik pipa di kedua ujungnya hingga bisa terlepas. Kemudian minyak kayu putih yang sudah anda siapkan oleskan pada permukaan pipa PVC. Tentu saja bagian permukaan pipa yang memang hendak dilepaskan sambungannya di olesi minyak kayu putih merata, bahkan hingga ke sela-selanya. Setelah itu tarik antara pipa dan sambungannya agar terlepas. Minyak kayu putih di sini bertugas untuk menghapuskan lem pipa.
  • Nah jika minyak kayu putih dan air mendidih tidak mempan untuk melepaskan pipa dan fitting pipa SNI, Anda bisa menggunakan opsi lain yaitu oli rem dan kain lap. Cara penggunaannya tentu saja dengan menuangkan oli rem beberapa tetes pada kain lap yang sudah disiapkan. Kemudian kain tersebut diusap-usapkan ke sambungan pipa yang akan dilepas. Agar pelepasan lebih mudah, usahakan aliran ini bisa masuk ke sela-sela bagian penyambungan. Setelah ini coba lepaskan antara pipa dan sambungannya.

 

Demikian trik dan tips dalam pelepasan antara pipa dan sambungan pipa dengan cara yang paling mudah dan sudah banyak dilakukan orang-orang. Namun ketika pemasangan instalasi pipa dan sambungannya terlalu kuat sehingga anda tidak bisa melepaskannya meski sudah mempraktekkan cara diatas, maka bisa memanggil tukang pipa untuk melakukan pelepasan pipa air.

Karena untuk pemasangan pipa dan sambungannya tentu membutuhkan lem yang daya rekatnya berbeda-beda. Mungkin saja Anda menggunakan lem dengan daya rekat yang tinggi maka akan sulit untuk melakukan pelepasan antara pipa dan sambungannya ini.

Nah berbicara soal fitting pipa, pipa dan lem tentu dijual dari berbagai merek unggulan di pasaran. Jika Anda sedang mencari berbagai produk perpipaan ini bisa membelinya dari merek terpercaya Indonesia yaitu Rucika. Rucika sendiri adalah merek lokal untuk produk perpipaan yang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu dan dipercaya masyarakat Indonesia untuk instalasi pipa air. Dapatkan produk perpipaan dari Rucika baik di toko bangunan online maupun offline.

Tinggalkan Balasan